Pendakian Gunung Lawu Via Candi Cetho

07.58
halo semua, I'm Back.. setelah hampir setaun gak pernah mampir kesini kare ke sok sibukan saya bikin Sripsweet :p
Kali ini Shally bakalan cerita perjalanan yang masih anget banget. Kemarin aku dan temen-temen bikin semacam reunian hiking gitu :p . yap kenapa reunian? soalnya anggota yang ikut hiking itu 50% adalah anggota waktu kita hiking ke Gunung Semeru dulu (klik disini buat liat perjalanan kami di Gunung Semeru) . Anggota kali ini yaitu saya a.k.a Shally, Angga Ardinista, Anissa Syari, Putra Yoga Pratama, dan Dinu Saputra.
Sebenernya perjalanan ini bisa dibilang dadakan banget, gak niat juga.. Karena perencanaan yang gak ada 3 hari sebelum berangkat dan pas Hari H buanyak barang ini itu yang kelupaan 😅. Setelah dilakukan musyawarah mufakat, disetujui lah bahwa kami akan berangkat pada H+4 Lebaran yaitu pada hari Rabu 28 Juni 2017. Dengan menggunakan kereta api prameks dan akan dijemput dengan mobil carteran di stasiun Solo Bapalan. Perjalanan pendakian Gunung Lawu via Candi cetho pun dimulai......
singkatnya, perjalanan menuju Basecamp Candi Cetho dari jogja dapat dilalui dengan kendaraan pribadi atau seperti kami yang menggunakan kereta api Prambanan Ekspres dari jogja sampai Solo Balapan, dan dilanjutkan dengan carter mobil jemputan.

Rabu, 28 Juni 2017
Setelah pembahasan yang setengah matang pada hari-hari sebelumnya, akhirnya hari H datang juga.. Pagi itu, alarmku berbunyi sekitar pukul 04.30 , lalu aku bergegas pergi ke Stasiun lempuyangan untuk membeli 5 buah tiket Prameks tujuan Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan sekitar pukul 07.18 . Oh iya, FYI aja bahwa sekarang si tiket Prameks itu bisa di beli mulai dari H-7 lho.. jadi buat yang khawatir keabisan, bisa beli jauh-jauh hari.
tiket prameks

jam 07.00 an kita ngumpul di Stasiun Lempuyangan, terus masuk peron. Dan gak lama, kereta kita pun dateng lalu kita naek kereta. Perjalanan harusnya cuma sekitar 1,5 jam aja, tapi karena kita nungguin kereta mahal buat lewat. Kereta kita delay sekitar 40 menitan gitu. Sesampainya di Stasiun Solo Balapan itu sekitar jam 9 an lebih lah, lalu saya menghubungi bapak yang menjemput kita. Saya dapat info mengenai penjemputan pendaki Lawu via Candi Cetho. Tarif penjemputan dari Stasiun Solo Balapan sampe ke Basecamp Candi Cetho cukup murah sih, cuma 300 ribu aja dan bisa muat buat 8 orang. untuk jasa antar jemput Gunung Lawu via Candi Cetho bisa menghubungi Bapak Suroso 0852-2659-4414 . Perjalanan dari Stasiun sampe ke Basecamp kurang lebih sekitar 3 jam deh, kami sampe di Basecamp sekitar pukul 13.00 . Lalu kami beristirahat, makan, dan melakukan persiapan lainnya (sewa tenda, headlamp, matras, dll) . Oh iya, diperjalanan kita ketemu 2 orang mbak yang juga mau ke Lawu via Candi Cetho, jadi kita ajak bareng sekalian deh bukan  karena kita kan orang nya baik hati 😝, eh biar murah juga tapi .
pasukan
Perjalanan dimulai sekitar jam 15.00 dari basecamp milik Pak suroso. oh iya, jalur pendakian Candi Cetho memiiki 5 pos dan tiap posnya bisa ditempuh dengan waktu antara 1 - 2 jam (maklum, saya termassuk lelet :p). di pos pedaftaran kita akan di mintai biaya kalo gak 10rb ya 15 rb (lupa nih) per orang nya. oh ya, untuk temen2 yang mau alih jalur pas turun, wajib lapor yah,,. biar petugas basecamp nya enggak binggung nyari.
team pendakian

BASECAMP - POS 1
untuk sampai di pos 1 kami mebutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. jalur dari basecamp ke pos 1 masih cenderung landai dan dengan tanah yang padat. vegetasinya pun belum terlalu rapat.

POS 1 - POS 2
menuju pos 2, jalur yang dilalui masih trek tanah dan vegetasi nya lebih rapat daripada sebelum ke pos 1. kami menghabiskan waktu sekitar 80 menit untuk sampai ke pos 2. trek menuju pos 2 pun akan semakin menjak dan terjal. Namun kata teman saya yang pernah lewat Cemoro Kandang dan Cemoro Lawang., trek Candi cetho lebh syahdu dan menyenangkan lho :p
Pos 2
POS 2- POS 3
dari pos 2 menuju pos 3, kami menghabiskan waktu sekitar 90 menit. perjalanan yang kami lalui pun semakin terjal dan menanjak. Tapi di atas pos 3, kita bisa ambil air untuk pernekalan  yah.. Dan air nya asli Suegeeer banget gaes :D

POS 3 - POS 4
perjalanan menuju po 4 merupakan perjalanan yang paling berat menurut saya. Karena trek yang dilalui cukup terjal dan menguras tenaga. Selain itu, ini merupakan trek terpanjang dari tiap pos yang kami lalui. Kami menghabiskan waktu 120menit untuk sampai di pos 4. dan kami memutuskan untuk beristirahan agak lama.

POS 4 - POS 5
perjalanan menuju pos 5 merupakan perjalanan yang cukup berat, karena kami sudah berjalan sekita 7 jam lebih.. huh rasanya lelaah sekali.. Namun target kami ke akan mendirikan tenda di POS 5,. Mau gak mau, suka gak suka, kami teteap harus berjuaang :p . Kami sampai di Pos 5 kurang lebihh pukul 01.00 dimana kami menghabiskan waktu sekitar 90 menit. Trek dari pos 4 menuju pos 5 sudah mulai landai dan trek nya juga cukup panjang.

Kami pun langsung mendirikan tenda, masak, makan.. dan berisirahat.. Malam harinya, saya pesimis untuk melajutkan perjalanan besok pagi, karena kondisi badan yang super duper lelah (efek tambah gendut + gak pernah olahraga 😔).

Keesokan hari nya, kami mulai bangun sekitar pukul 7.00 an, lalu Angga memutuskan untuk naik.. Sehingga saya dan Anis pun jadi turut serta. Eha gak tau nya si dinu dan Yoga pun juga akan naik, yang InsyaAllah menuju puncak :3

Pos 5 - Warung Mbok Yem
untuk sampai di warung Mbok Yem kami membutuhkan waktu sekitar 100 menit. dengan kondisi  yang lelah, akhirnya kami pun sampai di Warung Mbok Yem.. Namun warung nya tutup, mungkin mbok Yem juga sedang berlebaran di bawah :) .
Menuju warung mbok yem, kita akan melewati sabana yang cukup luas dan panjang. dan akan ada trek semacam tanjakan cinta seperti di gunung semeru. setelah tanjakan itu, kita akan melewati trek batu dan sampai lah di Warung Mbok Yem.
Sabana
Saya, Anis, dan Yoga memutusskan untuk berhenti sampai di Mbok Yem dan turun lebih dulu. Sedangkan Angga dan Dinu meneruskan sampai ke Puncaaakk 😍

Depan Warung Mbok Yem

Warung Mbok Yem - Puncak
Angga dan Dinu sampai di Puncak dengan waktu sekitar 30-45 menit.. Maklum ya, mereka tenaga nya massih banyaaak :p Setelah  foto-foto, mereka pun bergegas untuk turun. Karena kami menargetkan pukul 12.00 sudah mulai turun menuju basecamp.

Puncak

skip skip skip, kami semua ketemuan lagi di POS 5 lalu beres-beres, maassaak (abisisn logistik super lebay yang kami bawa), makan, foto lalu turun 😅 . Alhamdulillah sekitar jam 5 sore an lebih banyak kami sampai di basecamp. Dan cuaca cerah banget lho, sunsetnya keren bgt, bikin kita pengen ambil momen sunset di😍 Candi Cetho.
Pos 5 sebelum turun
Oh iya, pengalaman kemarin,, kita masuk ke Candi Cetho enggak bayar lho.. Kemarin dikassih ilmu buat langsung bilang ke tempat peminjaman kain kalo kita pendaki dan langsung dipinjemin kain dan boleh langsung masuk,, 😎 Ini ada sedikit foto dari Candi Cetho Guys :3
sunset Candi Cetho

setelah itu, sekitar pukul 8 malam kami di antar Pak Suroso menuju Terminal Tirtonadi dan melanjutkan perjalanan kembali menuju Jogja..
Sayonaraaaaaaaaa, see you next trip guys 🙌

IF : Shally (me), Angga, Anis, Yoga, dan Dinu
Eh Kelupaaaan, ini ringkasan waktu tempuh Pendakian Gunung Lawu Via Candi Cetho yaaa