Oneday Trip Waerebo

01.14
ya ampun, memang pemalas aku 😂 udah setaun lebih baru keinget punya utang tulisan buat cerita Oneday Trip wae Rebo Naik Motor.. maapkan ya gaes..
by the way, pasti dalam benak-benak temen-temen sempet terbersit sebuah pertanyaan "Kalo ke Waerebo sehari aja pulang pergi, bisa gak sihh??" Nah itu pertanyaan yang ada dibenak kami kala itu. Sebenernya waktu awal berangkat, kita gak ada tujujan buat ke waerebo loh.. Gak ada budget juga buat kesana, dan itu yang bikin kita overbudget gitu :( .

Terus pas kita sailing, ada satu keluarga turis indonesia yang cerita tentang pengalaman nya ke WaeRebo dan sepertinya menarik lho wkwkw. Dan kami pun merasa teracuni buat kesana. Singkat cerita, sebenernya galau juga sih mau kesana apa enggak, soalnya kita cuma punya waktu satu hari dan lusa kita harus balik pake Flight pagi. Kan jadi bimbang galau gundah gulana gitu, mau berangkat apa enggak. Kalo berangkat, takut gak cukup waktunya, gak ada budget juga. Tapi kalo gak ke waerebo sayang juga udah sampe Flores 😔

Dan setelah semedi semalaman, dengan cari banyak review, cari banyak info, kepo sana kepo sini. tengah malem kita menyimpulkan untuk cari sewa motor dan pagi nya kita bakalan Oneday Trip Waerebo by Motorcycle gaes 😍. Nah, untungnya malem itu juga kita dapet sewaan motor secara mendadak, kalo engga.. ya gak jadi berangkat kita.

Keesokan paginya, berbekal semangan jiwa yang membara dan postingan petunjuk buat ke waerebo dari blog indahnesia . Kita mulai perjalanan kalo gak salah jam 07.00 pagi. kita harus berangkat pagi banget karena kita gak bakalan nginep, dan kita langsung harus balik hari itu juga. Rute yang kita ambil adalah Jalur Pantai selatan menuju waerebo. Dimana berdasarkan review indahnesia, akan menghabiskan waktu sekitar 3,5 jam. Rute lengkapnya yaitu kita bakalan lewat Labuan Bajo - Lembor - Nangalili - Borik - Dintor - Kombo - Denge - Waerebo. Gambarannya di peta kayak gini deh..

rute Labuan Bajo - Waerebo


Oh iya, sepanjang perlalanan kita disuguhkan pemandangan yang oke banget.. kita akan melewati sepanjang pantai gitu, banyak pulau-pulau bagus yang bisa kita liat. dan karena waktu itu di GPS belum bisa langsung ada rute ke waerebo. Kita harus pake peta manual ya.. Seperti peribahasa, malu bertanya sesat di jalan wkwkw. Kita harus banyak-banyak nanya sama warga kalo bingung. Tapi nanya nya jangan langsung nanya dimana waerebo, tapi nanya nya adalah desa yg mau kita tuju gaes. 😄

pemandangan pantai selatan

eitts tapi gak cuma pemandangannya yang oke, jalan yang dilewati pun oke punya 😭 ada banyak jembatan rusak yang kalo musim kemarau itu surut. Banyak banget juga jalan rusak yang banyak lubangnya.. Dan yang gak kalah seru adalah pas kita lewat jembatan rusak yang langsung mengarah ke laut. Ngeri banget gak tuh :( sempet setres juga sebernya, tapi ya harus dilalui. wkwk Oh iya, waktu ngelewati jembatan-jembatan rusak, ada beberapa pemuda ya semacam pak ogah gt lah.. Yang ngebantuin, yang menurut saya gak usah dibantuin kita beisa lewat, tapi gak jarang eman kita butuh bantuan juga sih. Jadi persiapkan uang rokok juga gaes.

jalan rusak sepanjang jalan

Dari Labuan Bajo ikuti aja jalur utama ke Lembor dimana jalannya masih mulus, nah nanti selanjutnya kita akan lewat beberapa jembatan rusak dan sungai kering dengan pemandangan pulau Mules. Setelah itu, masuk Desa Borik jalanan udah kembali bagus. dan jalan akan mulus lus lus sampai ke desa Denge gaes.

Kami sampai di tempat parkiran sebelum tracking sekitar pukul 11.00. Dan disana udah diikuti sama warga buat jadi guide kita. ya seperti biasa lah, kita tawar menawar dan akhirnya tarif guide waerebo untuk oneday trip Rp. 150.000. oh iya, kita parkir tepat ditulisan waerebo nya ya, ada papan penunjukknya kok 😃

papan tulisan wae rebo

Tracking pun dimulai, kami udah membayangkan tracking dengan medan yang cukup mengerikan. karena dari berbagai sumber, tracking menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam. Kan ngeri tuh, buat aku yang sedikit berlemak ini, ditambah gak pernah olahraga 😂 Track yang dilalui enggak terlalu menukik sih, ya masih naik-naik normal dikit gitu menurut kami. 

jakur tracking menuju waerebo

Tapi Alhamdulillah, berkat dulunya pernah sering tracking naik gunung, kami cuma menghabiskan waktu 1,5 jam aja loh.. Mau sombong aku :p kita udah sampe di tempat membunyikan kentongan. Sebagai tamu, setelah sampai seperti di sebuah pos yang ada kentongannya, kita wajib membunyikan kentongan tersebut sebagai tanda kalo kita datang. Setelah itu, baru kita meneruskan perjalanan gaes menuju ke rumah utama "Niang Gendang".

pemandangan dari atas waerebo

Sesuai tradisi, emua tamu yang berkunjung di sini terlebih dahulu harus melalui ritual yang disebut “Wae Lu’u”. Upacara ini bertujuan untuk menyambut tamu yang baru datang. Bapak tua itu merapalkan mantra yang cukup panjang, dengan bahasa Manggarai kuno yang aku gar ngerti artinya. ini ada fotonya, maapkan sedikit blur karena difotoin sama mas guide :p

bapak yang memimpin upacara


Setelah prosesi selesai, kita dipersilahkan beristirahat sambil menikmati segelas kopi dan makan siang. Sungguh terasa nikmat, setelah capek. begitu sampe waerebo sudah waktunya makan siang. Dan kita boleh nambah berkali-kali. Oh iya, sambel disini enak dan pedes banget, ambil dikit aja berasa pedesnya
suasana makan siang

menu makan siang

wah hampir kelupaan, setelah upacara adat kita diminta untuk membayar administrasi 
sebagai biaya masuk ke waerebo. karena kami tidak menginap di waerebo, kami dikenakan biaya  250.000 rupiah per orang. Sedangkan, untuk tarif bermalam di warebo adalah sebesar 325.000 rupiah per orangnya. untuk makannya gimana? tenang aja, untuk yang tidak bermalam sudah dapat makan 1x, sedangkan untuk yang bermalam akan dapat makan 3 kali dan fasilitas selimut.

Setelah makan, kita bisa jalan-jalan menikmati pemandangan dan bermain-main dengan anak-anak desa waerebo. juga bisa mengobrol dengan para penduduk disini. 
pemandangan dari perpustakaan

didepan rumah adat

main-main sama anak-anak

foto bareng anak-anak

Setelah beberapa jam main-main, ngobrol sama warga sekitar. Gak kerasa udah jam 2 😔 jadi karena kita gak nginep, kita pun harus beranjak buat turun lagi. biar gak kemaleman, soalnya ngeri, bayangin aja lewat jembatan-jembatan rusak malem2 gitu :(. Kita pun pamitan dan mulai jalan turun.

Sesampai nya, di ttempat parkir,, taraaaaa spion motor ilang gaes.. ilanggg :( disitu rada panik sih, tapi yaudah lah.. dan si gude pun merasa agak gak enak juga sama kita. tapi masih bersyukur sih, spionnya aja yang ilang.. Motornya enggak, Alhamdulillah. kita pun pamitan sama mas guide, dan berterima kasih, berukar nomor handphone. Dan gak lupa selfie bersama :p

ini foto sama mamas guide nya

dan perjalanan kita lanjutkan.. pemandangan sunset nya indah banget tp kayaknya gak kefoto. dan FYI, dijembatan-jembatan rusak tetep ada abang2 yang bantu nyebrang dan perjalanan aman nyaman sentosa. Dan kami pun baru sampe lagi ke penginapan sekitar jam 22.00 malem :p dan sempet bikin irtu panik karena kami gak ada kabar seharian 😂 Maapkan kami Ibuk, ayah 😍

Nah, ini pengalaman kami buat Oneday Trip Waerebo by Motorcyle. Semoga bermanfaat buat kalian semua dan bisa jadi referensi buat piknik kesana yahh. oh iya estimasi biayanya :
1. sewa motor 75.000
2. bensin 50.000
3. biaya masuk 250.000/orang
4. guide 150.000 (2 prang, pinter-pinter nawar aja)





Share this :

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

Kakak, mohon info dong, perjalanan pulangnya start jam berapa yak? Pas lewat jalan dan jembatan rusak apakah udah gelap? apakah aman selama di jalannya?

Balas
avatar

Nambah kakak, kalau bawa anak kecil apa ikut dihitung full bayar administrasi pas di Waerobo-nya?

Balas
avatar

Kak itu balik malam apa aman lewat jalur berangkat? Turun dari waerebo jam berapa, sampai parkiran motor jam berapa juga kak?

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔